PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG

Delima Debby Utari, Jonny H Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester ganjil SMA Cerdas Murni Tembung. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan class random sampling dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay keterampilan proses sains materi pokok usaha dan energi dengan jumlah soal 8 item dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa serta instrumen sikap siswa. Menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji persyaratan dilakukan, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 45,28 dan kelas kontrol adalah 43,61 sedangkan untuk postes pada kedua kelas didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,11 dan kelas kontrol adalah 64,17. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% menunjukkan adanya pengaruh keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training.

Kata Kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, usaha dan energi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14566

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.