PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TINGKAT SMA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Elsa Handayani, Pintor Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media Physics Education Technology (PhET) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest.  Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan media PhET dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 6 item yang sudah divalidkan. Hasil rata-rata pretes di kelas eksperimen sebesar 14,58 dan hasil rata-rata postes sebesar 75,65 sedangkan hasil rata-rata pretes untuk kelas kontrol sebesar 14,42 dan hasil rata-rata hasil postes sebesar 67,57. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada perbedaan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media PhET dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis.

Kata Kunci: model discovery learning, media PhET, kemampuan pemecahan masalah, fluida dinamis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14567

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.