PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Tri Yanti Marbun, Karya Sinulingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan di kelas X semester II SMA N 1 Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan penelitian two group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3  sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 15 soal berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas X semester II pada materi momentum, impuls dan tumbukan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Momentum, Impus Dan Tumbukan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i3.14575

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.