PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning.
Kata Kunci: Discovery Learning, PTK, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17074
Article Metrics
Abstract view : 789 timesPDF - 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.