PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI GERAK LURUS

Yul Ifda Tanjung, Yulisa Ardiani Dwiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes fisika berbasis critical thinking skill pada materi gerak lurus yang memenuhi kualifikasi baik, meliputi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda,  dan uji respon pada siswa. Instrumen tes yang dikembangkan adalah instrumen tes dengan menggunakan indikator berpikir kritis berdasarkan taksonomi Ennis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Analysis, Design, Development, Implementatiom, and Evaluation (ADDIE). Data penelitian ini diperoleh dengan mengujicobakan instrumen tes fisika yang dikembangkan berupa tes uraian sebanyak 15 soal. Analisis validasi isi menunjukkan bahwa sebanyak 13 soal valid. Reliabilitas instrumen 0,78, tingkat kesukaran 0,29-0,71 dan daya beda 0,03-0,71. Hasil uji respon diketahui 75% responden yang menyatakan sangat setuju dengan instrumen tes jenis ini. Berdasarkan kriteria tersebut, maka 10 soal telah dinyatakan baik dan layak digunakan sebagai instrumen tes fisika untuk melatih keterampilan berpikir kritis bagi siswa.

Kata Kunci: Pengembangan ADDIE, tes critical thinking skill, Gerak Lurus


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17081

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.