PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA PHET TERHADAP KASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) berbantu media Physics Education Technology (PhET) terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang mekanik di Kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling masing masing berjumlah 33 orang dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu media PhET dan XI-IPA1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes objektif yang terdiri dari 20 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,06 dan kelas kontrol 65,78. Berdasarkan analisis hasil penelitian ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa materi Gelombang Mekanik di kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan T.A.2018/2019.
Kata Kunci: : model kooperatif tipe think pairs share ,hasil belajar , gelombang mekanik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17567
Article Metrics
Abstract view : 248 timesPDF - 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.