PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019

Nora Fika Situmorang, Rappel Situmorang, Elya Inoventa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pada materi Momentum dan Impuls  di kelas X semester II SMA Negeri 7 Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA 5 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Pemilihan kelas dilakukan secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari  tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essai sebanyak 7 soal. Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 14,25 dan kelas kontrol 15,27. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 72,73 dan 62,82. Hipotesis diuji menggunakan uji t dan diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Momentum dan Impuls  di kelas X semester II SMA Negeri 7 Medan  T.P. 2018/2019.

Kata Kunci: : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, momentum dan impuls.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17572

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.