PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P. 2018/2019

Riris Melinda Simanjuntak, Sondang R Manurung, Fernando Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok gelombang bunyi kelas XI semester II SMA Negeri 21 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah control grup pretestt-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa essay sebanyak 10 soal yang telah valid oleh validator dan lembar observasi mengukur aktivitas keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,65 dan kelas kontrol 35,45. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 81,82 dan kelas kontrol adalah 72,12. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KPS siswa pada materi pokok gelombang bunyi kelas XI semester II SMA Negeri 21 Medan T.P. 2018/2019.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17588

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.