PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Nopita Sitompul, Sri Agus Adi Syahputra Sihombing, Sondang Rina Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VII SMP dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dengan 4 pilihan pada materi pencemaran lingkungan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran dilakukan post-test. Nilai rata-rata pre-test siklus I :  30,17; siklus II : 34,11; dan siklus III : 36,50. Nilai rata-rata post- test siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 78,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 57%; siklus II : 62%; dan siklus III : 69%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan.

Kata Kunci: Project Based Learning, PTK, Pencemaran Lingkungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18687

Article Metrics

Abstract view : 2098 times
PDF - 1436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.