PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS IBL (INQUIRY BASED LEARNING) PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH

Febry Ruth Wahyuni Sihite, Cindi Elvani, Difahar Nilsa, Nurhayati Nurhayati, Yeni Megalina

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD fisika berbasis IBL (Inquiry Based Learning) pada materi pokok Rangkaian Arus Searah untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Bilingual Semester 6 berjumlah 17 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan oleh dosen ahli materi, angket uji kelayakan oleh guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis IBL (Inquiry Based Learning). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh respon mahasiswa aspek tampilan dan bahasa memperoleh 92,1%, penyajian LKPD 82,8% dan manfaat isi 79,4% sehingga respon mahasiswa terhadap LKPD yang dikembangkan berdasarkan  beberapa aspek memperoleh rata-rata 84,7 % dengan kategori sangat Layak.

Kata Kunci: LKPD, Inquiry Based Learning, Rangkaian Arus Searah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18691

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.