PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Parbuluan, Dairi T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian control group pre-test post-test.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari empat kelas MIA. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimenĀ dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item dan lembar observasi aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,00 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,37. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 64,57 dan kelas kontrol 55,62. Hasil aktivitas siswa pertemuan pertama 55,42, pertemuan kedua 71,42, pertemuan ketiga 83,33 maka rata-rata aktivitas siswa 70,09 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Parbuluan, Dairi T.P. 2019/2020.
Kata Kunci: Model Inquiry Training, Hasil Belajar, AktivitasFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19793
Article Metrics
Abstract view : 119 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.