PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di Kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan macromedia flash dan XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,90 dan kelas kontrol 66,47. Hasil penelitian dengan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok.
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Momentum Dan ImpulsFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19794
Article Metrics
Abstract view : 147 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.