PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok Cahaya di SMPN 1 Sipispis T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelass VIII-A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data uji t diperoleh thitung = 5,64 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > t tabel (5,64 > 1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Problem Solving pada materi pokok Cahaya di kelas VIII semester II SMPN1 Sipispis T.P. 2012/2013.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Problem Solving
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2113
Article Metrics
Abstract view : 272 timesPDF - 190 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.