PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan pretest-postest control group design, pemilihan sampel secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda pengetahuan konseptual sebanyak 15 soal. Analisis data menggunakan uji t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,3 dengan standar deviasi 10,9 dan kelas kontrol 59,1 dengan standar deviasi 9,72, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 15 Medan T.P 2018/2019.
Kata Kunci: Kooperatif tipe group investigation, pengetahuan konseptual, fluida dinamis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21143
Article Metrics
Abstract view : 161 timesPDF - 105 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.