PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014

Elizabeth Sitorus, Sehat Simatupang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di  kelas X SMA negeri 17 Medan T.A. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-5 dengan menggunakan model PBL berbasis peta konsep dan kelas X-4 dengan menggunakan pembelajaran konvensional, jumlah siswa masing-masing tiap kelas 35 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu :  1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban  sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen. 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan thitung < ttabel yaitu 6,20 > 1,668 pada taraf signifikan α = 0.05, maka dapat dikatakan ada pengaruh model PBL berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 17 Medan T.A. 2013/2014

Kata Kunci : problem based learning, peta konsep, hasil belajar, aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2131

Article Metrics

Abstract view : 486 times
PDF - 316 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.