PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERIPOKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 SIPOHOLON T. P. 2013/2014

Khairul Amdani, Fransisca A. A. S.

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe group investigation(GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Sipoholon T. P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Sipoholon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran koperatif tipe group investigationsedangkan satu kelas yang lain sebagai kelas kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,50dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 42,50. Setelah perlakuan diberikan, diperoleh hasil belajar siswa (postes) dengan nilai rata-rata 83,67pada kelas eksperimen dan 62,14 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran koperatif tipe group investigationterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuandi kelas X semester I SMA Negeri 1 Sipoholon T.P 2013/2014. Rerata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah69,99% (kategori cukup aktif).

Kata Kunci : Group Investigation, Aktivitas, Hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2136

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.