EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU APLIKASI ALGODOO TERHADAP CAPAIAN INDIKATOR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Cindy Siahaan, Jurubahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran inquiry training berbantu Aplikasi Algodoo terhadap capaian keterampilan proses sains di kelas X SMA Negeri 17 Medan T.A. 2018/2019. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretest-posttest group dan quasi eksperiment merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Teknik simple random sampling digunakan untuk pemilihan sampel. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inquiry training berbantu aplikasi Algodoo dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen tes keterampilan proses sains yang digunakan berbentuk tes esai. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t untuk mengetahui adanya peningkatan rata-rata keterampilan proses sains dan uji N-gain untuk mengetahui efek model pembelajaran inquiry training berbantu aplikasi Algodoo. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, hasil penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry training berbantu aplikasi Algodoo memberikan efek pada pencapaian keterampilan proses sains siswa dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Aplikasi Algodoo, Efektivitas, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Inquiry Training


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i1.23763

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.