PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTU PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA T.P 2018/2019

Erika Marpaung, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry  berbantu pictorial riddle terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling didapatkan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pengetahuan konseptual berupa pilihan ganda yang berjumlah 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen adalah 82,67 dan kelas kontrol adalah 69,56. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan atau ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry berbantu pictorial riddle terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls.

Kata Kunci: Scientific Inquiry, Pictorl Riddle, Pengetahuan Konseptual, Aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i1.23765

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.