PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan flash card terhadap hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik di kelas XI SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan flash card dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,69 dan kelas kontrol 35,89 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,37 dan kelas kontrol 67,69. Hasil uji t data postes menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan flash card pada materi alat-alat optik di kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar, Alat-Alat Optik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i1.23769
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.