PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADAMATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif pengetahuan konseptual fisika pada materi Usaha dan Energidi SMA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik, meliputi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model Borg and Gall. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 9 Medan dengan subjek seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Medan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 item untuk mengukur pengetahuan konseptual.Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi oleh ahli dari tes objektif pengetahuan konseptual fisika pada materi Usaha dan Energi di SMA adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 3,86. Ditinjau dari validitas empiris uji lapangan luas, diperoleh 33butir soal valid dan 7butir soaltidak valid.Reliabilitas tes sebesar 0,86.Tingkat kesukaran diperoleh 6 butir soal mudah, 29 butir soal sedang, dan 5 butir soal sukar. Daya pembeda diperoleh 24 butir soal sangat baik, 5 butir soal baik, 6 butir soal cukup, dan 5 butir soal tidak baik. Efektivitas pengecoh diperoleh 15 butir soal sangat baik, 8 butir soal baik, 8 butir soal cukup, 6 butir soal kurang baik, dan 3 butir soal tidak baik. Tes pengetahuan konseptual ini dapat digunakan sebagai tes standar untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa pada materi Usaha dan Energi di SMA.
Kata Kunci: Pengetahuan Konseptual, Usaha Dan Energi, Validitas, Reliabilitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i1.23771
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 222 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.