PENGARUH MODEL PEMEBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan melalui model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen, dengan melibatkan dua kelas yang menjadi subjek pengamatan, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 10 soal, sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberikan preetest untuk mengukur taraf kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sebesar 33,24 dan pada kelas kontrol sebesar 31,28, kemudian setelah diberi perlakuan diperoleh nilai posttest siswa sebesar 75,12 di kelas eksperimen dan nilai posttest siswa di kelas kontrol sebesar 66,84 , setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak maka terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan metakognitif siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan. Persentase uji N-gain pada kelas eksprimen dalam kategori rendah sebesar 3%, kategori sedang sebesar 61%, dan dalam kategori tinggi sebesar 36 %, sedangkan pada kelas kontrol persentase N- gain dalam kategori rendah sebesar 12,5%, dalam kategori sedang sebesar 87,5%, berdasarkan persentase N- gain maka terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan metakognitif.
Kata Kunci: Problem Based Learning, pendekatan metakognitif, Kemampuan Pemecahan MasalaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25404
Article Metrics
Abstract view : 167 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.