PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI MAN 3 MEDAN

Khairun Nisa Lubis, Motllan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I MAN 3 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari 8 kelas dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA-4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing-masing adalah 38,1 dan 80,6 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes di kelas kontrol masing-masing adalah 37,4 dan 65,4. Aktivitas siswa di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,2 dengan kategori aktif. Analisis data pretes menggunakan uji dua pihak disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data postes menggunakan uji satu pihak diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I MAN 3 Medan T.P 2018/2019.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar, pengukuran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25406

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.