PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X DI SMA NEGERI9 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan dan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas ekperimen X MIA 4 dan kelas kontrol X MIA 3 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 6 item dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar pada kemampua pemecahan masalah. Hasil nilai pretest diperoleh 36,4 dan posttest 82,4. Analisis uji t ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 9 Medan.
Kata Kunci: Problem Based Learning, kemamapuan pemecahan masalah, aktivitas belajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25415
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.