DESAIN PEMBELAJARAN LMS BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA SMP

Nurliana Marpaung, Mariati Purnama Simanjuntak, Enjelina Siagian, Lastama Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendesain dan menghasilkan media pembelajaran berbasis learning management system (LMS) dengan moodle yang layak dan dapat meningkatkan kemandirian belajar IPA siswa SMP. Adapun yang menjadi target khusus dari penelitian ini diharapkan akan menghasilkan kebutuhan pembelajaran jarak jauh berupa media pembelajaran berbasis LMS menggunakan moodle, pengembangan bahan ajar IPA, evaluasi hasil belajar, dan lembar kerja siswa yang sesuai dengan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan (Research & Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisipembelajaran, dan siswa SMP di Medan. Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran ini meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data, melalui tahap yakni analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan, dengan penetapan bidang kajian IPA, pemetaan KI dan KD, pembuatan flowchart dan storyboard, dan pengembangan instrumen kemandirian belajar; (3) pengembangan draf produk, dengan: pembuatan produk,validasi produk oleh ahli materi dan media, revisi produk, validasi oleh praktisi,  dan revisi produk. (4) Ujicoba produk pengembangan untuk skala kecil, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan dengan skala yang lebih luas, (7) merevisi produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba pelaksanaan lapangan, dan (9) revisi produk akhir. Hasil dari penelitian ini adalah telah didesain media pembelajaran IPA menggunakan LMS dan moodle yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP yang dapat meningkatkan kemandirian belajar pada materi Cahaya dan Alat Optik.

Kata Kunci: LMS, moodle, kemandirian belaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25424

Article Metrics

Abstract view : 462 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.