PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2018/2019

Dessy Renika Juliana, Motlan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu macromediaflash terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan pada semester Genap T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X IPA 4(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 siswa dan 30 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Maka diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu macromedia flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,48 dan kelas kontrol adalah 36,00, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,63 dan kelas kontrol 73,78. Hasil uji t diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu macromedia flash lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Konvensional, Macromedia Flash, Pembelajaran Kooperatif, Quasi Experiment.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i3.27773

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.