PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN STEM BERBANTUAN KINEMASTER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 13 MEDAN
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) dengan berbantuan kinemaster yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika untuk materi Gelombang Bunyi di sekolah dan mengetahui respon pengguna setelah menggunakan video animasi pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan oleh ahli materi, video animasi termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dengan persentase keseluruhan aspek diperoleh 95,83%. Hasil uji kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase dari keseluruhan aspek sebesar 94,74% yang termasuk pada kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik di kelas XI MIA 4 dengan 29 responden dari keseluruhan aspek sebesar 91,19% yang termasuk pada kategori sangat layak dan untuk kelas XI MIA 5 dengan 19 responden memiliki persentase 91,31% yang termasuk kekategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini tercapai dengan baik dimana diperoleh video animasi pembelajaran yang layak digunakan disekolah.
Kata Kunci: Video Animasi, ADDIE, STEM, Kinemaster, Gelombang Bunyi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i3.27775
Article Metrics
Abstract view : 327 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.