PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMA SWASTA METHODIST-AN PANCURBATU

Kenny Natalia, Karya Sinulingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester I SMA Swasta Methodist-an Pancurbatu T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Swasta Methodist-AN Pancurbatu dan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas ekperimen X 1 dan kelas kontrol X 2 yang masing masing berjumlah 40 orang siswa. tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar. Hasil nilai pretest diperoleh 33.38 dan posttest 71.88. Analisis uji t diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di SMA Swasta Methodist-AN Pancurbatu.

Kata Kunci: inquiry training, hasil belajar, aktivitas belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i3.27791

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.