PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI SAINS DAN STEM CALON GURU IPA MELALUI LESSON STUDY PADA MATAKULIAH BAHASA INGGRIS UNTUK IPA

Aristo Hardinata, Ely Djulia, Imam Bukhari, Azwar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan analisis pelaksanaan lesson study dalam menanamkan kompetensi dan sikap STEM dan Literasi Sains dalam perkuliahan Bahasa Inggris untuk IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganut metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan sampel mahasiswa calon guru IPA pada program studi Pendidikan IPA UNIMED. Berdasarkan hasil penelitian dapat diuraikan bahwa kemampuan STEM dan Literasi Sains calon guru IPA terus meningkat pada siklus I dan siklus II yakni dengan persentasi nilai N-Gain pada kategori tinggi. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui lesson study, perkuliahan dapat dirancang untuk dapat meningkatkan kemampuan STEM dan Literasi sains calon guru IPA untuk mempersiapkan kompetensi calon guru IPA dalam mengajar siswanya nanti.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29798

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.