PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design dan populasi seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA2 sebagai kelas eksperimen dengan model inquiry training dan X-MIA1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yakni tes uraian yang terdiri dari 8 item serta lembar aktivitas siswa dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79,25 dan kelas kontrol 73,94. Hasil penelitian diperoleh ada pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.A. 2018/2019.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i1.33122
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.