PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 14 MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan macromedia flash dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 siswa dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,8 dan kelas kontrol 38,2 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 78 dan kelas kontrol 64,8. Hasil uji t data postes menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan macromedia flash pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i1.33128
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.