PENINGKATAN AKTIVITAS UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING
Abstract
Kegiatan belajar mengajar menuntut siswa untuk memperoleh hasil belajar kognitif yang baik dan menuntut siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa mempunyai sikap atau attitude dan keterampilan yang baik. Keaktifan siswa dapat dilihat dari kegiatan atau aktivitas selama pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pencapaian hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan dan tes hasil belajar berupa essay berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan aktivitas belajar berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34983
Article Metrics
Abstract view : 113 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.