PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021. Jenis penelitan yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Doloksanggul. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang dan X IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa. Pada penguiian normalitas nilai pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diperoleh lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh thitung >ttabel maka ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021.
DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38231
Article Metrics
Abstract view : 92 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.