PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual dan aktivitas siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA1 sebagi kelas eksperimen dan XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk esai sebanyak 8 soal. Data yang diperoleh maka model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi usaha dan energi di kelas XI SMA Negeri 10 Medan. Nilai rata-rata postes eksperimen adalah 78 dan kelas kontrol adalah 65,84. Setelah diuji dengan uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI Semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2018/2019.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe group investigation, aktivitas, pengetahuan konseptual.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40602
Article Metrics
Abstract view : 111 timesPDF - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.