PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKANMACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Sri Arfani Hs

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Swasta Teladan Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Teladan Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas X-3 sebagai kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi oleh validator dan lembar observasi aktivitas siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Pengolahan data pre-test diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 31,83 dan kelas kontrol 30,49, Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,33 dan kelas kontrol 64,83. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai 66,72% dengan kategori aktif dan kelas kontrol mencapai 54,50% kategori kurang aktif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Swasta Teladan Medan T.P 2017/2018.

Kata Kunci: model pembelajaran inquiry training, macromedia flash, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40608

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.