PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA

Syaiful Hadid Tambunan, Sahyar Sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas media video eksperimen fisika berbasis saintifik yang dikembangkan, 2) kepraktisan media video eksperimen fisika berbasis saintifik yang dikembangkan, 3) peningkatan keterampilan proses sains siswa terhadap media video eksperimen fisika berbasis saintifik yang dikembangkan. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa SMA Swasta Al-Ulum Medan kelas XII MIA-I sejumlah 10 orang pada kelompok kecil dan XII MIA-II sejumlah 36 orang pada kelompok besar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) Analisis kebutuhan, (2) Desain media, (3) Validasi media, (4) Revisi media, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi media pada kelompok kecil, (7) Uji coba pada kelompok besar, (8) Revisi media pada kelompok besar (9) Produk akhir, dan (10) peng upload-an ke YouTube. Hasil pengembangan video ini menunjukkan bahwa: 1) Media video eksperimen fisika berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang dikembangkan melalui uji validitas penilaian ahli media didapatkan skor rata-rata 81,82% dengan kategori sangat layak dan untuk penilaian ahli eksperimen didapatkan skor rata-rata 97,12% dengan kategori sangat layak. 2) Media video eksperimen fisika berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang dikembangkan didapatkan nilai kepraktisan sebesar 70,58% dengan kategori praktis pada uji coba kelompok besar, dan 3) video eksperimen fisika berbasis saintifik pada materi fluida statis di SMA yang dikembnagkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa dengan skor N-gain sebesar 0.55 (kategori sedang).

Kata Kunci: media video, eksperimen fisika , fluida statis, saintifik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i4.40609

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.