Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasiskan Pendekatan Saintifik Berbantuan Laboratorium Virtual Amrita Olabs Pada Materi Elastisitas Di SMAN 1 Bilah Hulu
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs pada materi elastisitas yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model 4D Thiagarajan yang diabatasi sampai dengan tahap pengembangan (Develop). Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru bidang studi fisika dan peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Bilah Hulu yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi, dan ahli media, lembar observasi, instrumen soal pretest dan posttest serta angket respon guru bidang studi dan peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika berdasarkan hasil uji validasi ahli materi (92,85%) dan ahli media (93,18%). Respon guru terhadap LKPD Yang dikembangkan (98,21%) dan respon peserta didik (97,22%). Berdasarkan perhitungan N-Gain, LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs berada dalam kategori sedang dengan nilai 0,69. Dengan rata-rata hasil belajar 79,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i02.42706
Article Metrics
Abstract view : 183 timesPDF - 162 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.