Pengembangan Desain Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meetings pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X MAN 3 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dan zoom cloud meetings yang dikembangkan valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan sebanyak 5 kelas. Rata-rata jumlah siswa setiap kelas 30 orang. Subjek yang dipilih sebanyak 1 kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari desain pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan 97%, 97,5% dan 98% dengan kategori sangat valid, kemudian nilai keefektifan untuk lembar aktivitas siswa 85,16% kategori sangat tinggi dan nilai efektivitas tes hasil belajar dari rumus N-gain diperoleh nilai 67 dengan kategori cukup efektif, untuk perolehan nilai praktis pada lembar respon siswa diperoleh nilai 90,67% dengan kategori sangat praktis. Diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan desain pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dan zoom cloud meetings pada materi gerak lurus di MAN 3 Medan telah dikatakan valid, efektif dan praktis.
Kata kunci : Blended learning, google classroom, zoom cloud meetings, gerak lurus
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.43845
Article Metrics
Abstract view : 108 timesPDF - 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.