Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Media Animasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis media animasi pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test post-test desaign. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling. Penelitian dilakukan dengan memberikan pengukuran berupa pre-test, kemudian diberikan dengan perlakuan model pembelajaran inquiry training berbasis media animasi dan diakhir pembelajaran diberikan post-test. Hasil analisis data menggunakan uji t post-test menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training berbasis media animasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Kata Kunci: inquiry training, media animasi, keterampilan proses sains siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.43846
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.