ANALISIS ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) FISIKA SISWA SMA

Rani Putri Septianti, Resa Resta Pelani, Reni Pakosmawati, Asep Irvan Irvani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika berdasarkan aspek Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan responden yang mengisi angket berjumlah 122 siswa. Perolehan data analisis kuantitatif secara keseluruhan menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar fisika dengan kategori tinggi dan persentasenya sebesar 56.6 %. Rerata skor angket yang diperoleh menunjukkan motivasi belajar fisika siswa berada pada interval cukup tinggi dengan perolehan 36.25 %. Hasil penelitian terkait motivasi belajar fisika siswa berdasarkan aspek ARCS memperoleh data persentase untuk aspek atention adalah 54,3 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.68 (kategori cukup tinggi), aspek relevance memperoleh 65,4 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 10.47 (kategori tinggi), aspek confidence memperoleh 53,8 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.62 (kategori cukup tinggi), dan aspek satisfaction memperoleh 52,9 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.46 (kategori cukup tinggi).

Kata Kunci: ARCS, motivasi belajar, pembelajaran fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i01.44246

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.