Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton
Abstract
Pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki untuk dapat bersaing secara global di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk hasil pengujian kelayakan dan respon peserta didik terhadap instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi hukum Newton yang dikembangkan. Instrumen tes disusun berdasarkan indikator keterampilan pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Doctor dan Heler (2009) yaitu deskripsi masalah, pendekatan fisika, aplikasi khusus fisika, prosedur matematika, dan perkembangan logis. Penelitian dilakukan di MAN 2 Model Medan dengan subjek penelitian peserta didik kelas X-A dengan menggunakan model 4D. Berdasarkan data yang diperoleh dari validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken, diperoleh 12 soal dapat digunakan untuk uji coba. Hasil pengembangan menunjukkan keseluruhan butir soal valid dan reliabel, pada uji tingkat kesukaran didapat nilai P berkisar 0,6 – 0,8, dan uji daya beda diperoleh nilai D berkisar 0,2 – 0,5. Uji respon siswa terhadap instrumen tes diperoleh rata-rata sebesar 79% kategori sangat baik dengan respon positif.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i02.44891
Article Metrics
Abstract view : 333 timesPDF - 268 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.