Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA

Authors

  • Bintama Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Abu Bakar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i4.45305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif pada materi suhu dan kalor dan hasil uji kelayakan instrumen tes. Pengembangan penelitian ini menggunakan model 4-D dengan tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Onan Ganjang dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIA sebanyak 42 orang. Dari hasil uji validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken diperoleh 9 soal valid dan dapat digunakan untuk uji coba. Uji coba skala kecil diperoleh 8 soal valid dan 1 soal tidak valid dengan reliabilitas 0,849 dengan kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran dari 0,417-0,625, dan daya beda soal dari 0,187-0,625. Pada uji coba kelompok besar diperoleh 8 soal valid dan nilai reliabilitas 0,818 dengan kategori sangat tinggi, daya beda tes dari 0,35-0,65 dan tingkat kesukaran butir soal dari 0,31-0,68. Dan dilakukan uji respon siswa dengan persentase 75,8 persen dengan kategori baik. Dengan demikian, instrumen tes yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan instrumen tes yang baik.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles