Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA

Bintama Sihotang, Abu Bakar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif pada materi suhu dan kalor dan hasil uji kelayakan instrumen tes. Pengembangan penelitian ini menggunakan model 4-D dengan tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Onan Ganjang dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIA sebanyak 42 orang. Dari hasil uji validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken diperoleh 9 soal valid dan dapat digunakan untuk uji coba. Uji coba skala kecil diperoleh 8 soal valid dan 1 soal tidak valid dengan reliabilitas 0,849 dengan kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran dari 0,417-0,625, dan daya beda soal dari 0,187-0,625. Pada uji coba kelompok besar diperoleh 8 soal valid dan nilai reliabilitas 0,818 dengan kategori sangat tinggi, daya beda tes dari 0,35-0,65 dan tingkat kesukaran butir soal dari 0,31-0,68. Dan dilakukan uji respon siswa dengan persentase 75,8 persen dengan kategori baik. Dengan demikian, instrumen tes yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan instrumen tes yang baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i4.45305

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.