PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA

Yogi Tongam Andrian Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi gelombang bunyi yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develoment (RnD) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain, ahli materi, guru fisika dan 30 peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tarutung. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket uji kelayakan ahli desain, ahli materi, angket penilaian guru, angket respon peserta didik dan tes. Pada diperoleh hasil uji validasi ahli desain sebesar 98.07%, ahli materi 96,67%, dan guru fisika sebesar 90,27%, serta pada uji coba LKPD respon peserta didik 89,61%. Berdasarkan perhitungan N-gain, LKPD berbasis discovery learning termasuk dalam kategori tinggi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai 0,71. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i3.46111

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.