PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Dermawati Manik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada materi pokok usaha dan energi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 7 Medan T.P 2022/2023 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) dan X MIPA 5 (kelas kontrol) yang diambil dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan posttest di kelas eksperimen adalah 38,98 dan 78, 98 sedangkan di kelas kontrol adalah 38,78 dan 67,67. Analisis data dilakukan dengan uji t diperoleh bahwa  = (5,09 > 1,66). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i1.46239

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.