PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMA N 1 TIGALINGGA T.P 2022/2023

Dian Ronaldo Sihotang, Pintor Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Physics Education Technology (PhET) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain two group pretes dan postes. Populasi penelitian ini terdisi dari 4 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X MIA I sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA II sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes essay sebanyak 8 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t.Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing-masing adalah 28.88 dan 77.86 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes di kelas kontrol masing-masing adalah 27.88 dan 68.30. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 54.25 (cukup aktif) pada pertemuan pertama, pertemuan kedua sebesar 60.92 (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 72.03 (aktif) dengan rata-rata sebesar 62.4 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhETterhadap hasil belajar fisika siswa SMA.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i1.46574

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.