PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain Two Group Pretest-Postest Design dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes esai sebanyak 10 soal. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen masing-masing 33,93 dan 84,07 sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas kontrol masing-masing adalah 32,14 dan 74,79. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,243 > 1,667 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diuji dengan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh skor N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,758 dengan kategori tinggi dan skor N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,628 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI pada materi gelombang bunyi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, STEM, Berpikir Kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i3.47867
Article Metrics
Abstract view : 170 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.