ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS SISWA KELAS 9 PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Yustiandi Yustiandid, Duden Saepuzaman

Abstract


Pendidikan abad 21 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Hasil studi PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik Indonesia berada dalam kategori rendah. Telah dilakukan penetian yang bertujuan mengetahui kemampuan awal literasi sains siswa kelas 9 di Provinsi Banten. Informasi tentang kemampuan literasi sains ini penting untuk diketahui dalam rangka memberikan solusi-solusi yang tepat bagi permasalahan yang dihadapi terutama dalam bidang literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains siswa kelas 9 di Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah siswaa kelas kelas IX yang tersebar di provinsi Banten sebanyak 789 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa literasi sains siswa masih rendah yaitu sebesar 29,2%. Indikator yang paling rendah adalah Menggunakan bukti ilmiah yaitu menafsirkan bukti ilmiah dan membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan, mengidentifikasi asumsi, bukti, dan alasan di balik kesimpulan, berkaca pada implikasi sosial dari ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi yaitu sebesar 17,3%. Perlu adanya pendekatan pengajaran yang melatih ketrampilan literasi sains dan mengaktifkan siswa, seperti pembelajaran berbasis proyek, eksperimen, diskusi kelompok, dan simulasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i4.50974

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.