DESKRIPSI HASIL BELAJAR SISWA MATERI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII1 SMP NEGERI 21 AMBON

Nardi Maruapey Nardi Maruapey

Abstract


Setelah melakukan observasi awal pada tanggal 1 September 2022 tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, maka ditemukan bahwa di sekolah SMP Negeri 21 Ambon tepatnya di kelas VIII1 belum pernah diterapkan model pembelajaran group investigation ini. Sehingga membuat siswapun kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, kurang bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan, dan lain sebagainya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran group investigation pada materi Usaha dan Energi Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Ambon. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran group investigation pada materi usaha dan energi Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran group investigation. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes awal dan tes akhir siswa. Tes awal untuk mengukur kemampuan awal siswa pada materi usaha dan energi. Sedangkan tes akhir untuk mengukur hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran group investigation pada materi usaha dan energi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hasil belajar siswa dengan kategori “baik” setelah diterapkannya model pembelajaran group investigation pada materi usaha dan energi Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Ambon.

Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar, Usaha dan Energi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i4.51084

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.