PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFJIGSAWBERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP HASILBELAJAR SISWAPADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA N 5 MEDAN T.P. 2013/201

Jonny Haratua Panggabean, Mikha Ferina Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media animasi pada hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 10 terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 9 yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh validator, dan 2) instrumen observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 45,14 dan 47. Setelah diberikan perlakuan pada kelas sampel diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 72,2 dan 67,00. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,186 > 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam kategori sedang yaitu pertemuan I ke pertemuan II (0,38) dan pertemuan II ke pertemuan III (0,37) Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw berbantu media animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2013/2014.

.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw, Aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5125

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.