PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2013/2014

Khairun Nisa Marwan, Rita Juliani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi suhu dan kalor selama pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, dengan dua sampel yang diambil dengan cara cluster random sampling. Data hasil belajar dalam penelitian, diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda  berjumlah 20 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 74,19 dan 67,90.  Hasil uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 60,86 tergolong aktif. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2013/2014.

 

Kata Kunci: Quasi Eksperimen, Inquiry Training, Konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5127

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.