PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS SEMESTER GENAP KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2012/2013
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di Semester Genap kelas XI SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 102 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari pengolahan data postes diperoleh bahwa ada pengaruh peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5137
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 245 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.